Terimakasih anda telah mengunjungi blogku http://etzcoy.blogspot.com/ semoga blogku ini bisa bermanfaat bagi pembaca^. Amin . . .

Kamis, 26 Mei 2011

Tugas Evaluasi

KISI-KISI MOTIVASI BERPRESTASI

DIMENSI

NOMOR PERNYATAAN

JUMLAH

POSITIF

NEGATIF

1. Berusaha unggul

2. Menyelesaikan tugas dengan baik

3. Rasional dalam meraih keberhasilan

4. Menyukai tantangan

5. Menerima tanggung jawab pribadi untuk sukses

6. Menyukai situasi pekerjaan dengan tanggung jawab pribadi, umpan balik, dan resiko tingkat menengah

1,2

4

7,8

10

13,14

17,18

3

5,6

9

11,12

15,16

18,20

3

3

3

3

4

4

Jumlah Pernyataan

10

10

20

KISI-KISI STRES BELAJAR

NO.

DIMENSI

INDIKATOR

NOMOR SOAL

1.

2.

3.

Tanggapan

Psikologis terhadap kendala

dan tuntutan)

Tanggapan Fisik

(akibat tuntutan)

Tanggapan Persepsual

(terhadap pencapaian)

a. Perasaan cemas

b. Khawatir

c. Takut

d. Tidak senang

e. Perasaan terganggu

f. Lepas Kendali

a. Rasa lelah

b. Jantung berdebar

c. Rasa sakit

d. Tekanan darah terganggu

a. Tanggapan dan keyakinan

1

2,3

4,5

6, 7

8,9

10,11

12,13

14

15

16,17

18,19,20

Keterangan: Nomor ganjil adalah pernyataan positif dan nomor genap pernyataan negative.

Contoh angket motovasi berprestasi:

No

Pernyataan

SS

SR

KK

J

TP

1

Saya bekerja keras agar prestasi saya lebih baik baripada teman- teman

3

Saya menghindari upaya mengungguli prestasi teman-teman

4

Saya berusaha untuk memperbaiki kinerja saya pada masa lalu

5

Saya mengabaikan tugas-tugas sebelum ada yang mengatur

Contoh angket Stress belajar:

NO.

PERNYATAAN

SS

SR

KK

J

TP

1.

4.

8.

19.

Saya percaya terhadap kemampuan saya di sekolah.

Saya takut ranking saya turun.

Saya kehilangan nafsu makan setiap menghadapi tuntutan tugas.

Saya gembira ketika sedang menyelesaikan tugas

TUGAS:

1. Setiap kelompok membuat angket motivasi berprestasi dan angket stress belajar, masing-masing 20 butir (butir soal no. ganjil pernyataan positif dan nomor genap pernyataan negatif

2. Dikumpulkan pada perkluliahan terakhir, yaitu tanggal 9 Juni 2011, dijadikan satu dengan tugas sebelumnya, yaitu mengembangkan butir soal dan analisisnya.

3. Urutan laporan sebagai berikut:

i. Halaman judul yang memuat identitas kelompok

ii. Kisi-kisi soal tes pilihan ganda dan uraian

iii. Soal pilihan ganda dan uraian (sebelum revisi)

iv. Kunci jawaban pilihan ganda dan pedoman penskoran

v. Hasil telaah antar kelompok (menggunakan kartu telaah)

vi. Soal pilihan ganda dan uraian setelah

vii. Jawaban pilahan ganda masing-masing siswa

viii. Perhitungan reliabilitas soal (yang dianalisis khusus pilihan ganda) menggunakan rumus korelasi produk momen

ix. Analisis butir soal setiap butir soal (Analisis meliputi dua hal, yaitu tingkat kesukaran butir dan daya pembeda), bisa menggunakan format berikut.

No Soal

Tingkat kesukaran

Daya Pembeda

Rangkuman

x. Angket motivasi belajar

xi. Angket strees belajar

xii. Kesimpulan (jika dipandang Perlu)

Tugas dikumpulkan pada perkuliahan terakhir (tanggal 9 Juni 2011)

Selamat bertugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar