Terimakasih anda telah mengunjungi blogku http://etzcoy.blogspot.com/ semoga blogku ini bisa bermanfaat bagi pembaca^. Amin . . .

Rabu, 17 Oktober 2012

Ospek di Coban Rais


Pada tanggal 4-7 oktober 2012, organisasi himaptika IAIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan acara ospek jurusan. Panitia dan peserta berkemah di bumi perkemahan Coban rais. Lokasinya di kaki gunung Panderman, desa Oro-oro Ombo, Batu. Ospek jurusan ini di beri nama matrik(mathematic training cooperatif). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib di ikuti mahasiswa baru. Selama empat hari peserta akan menjalani berbagai kegiatan yang menarik. Mulai dari diskusi pengenalan jurusan, jelajah malam, outbond, sampai pentas seni. Serta yang tidak kalah menarik. Di hari terakhir, peserta akan diajak jalan-jalan menuju lokasi wisata air terjun Coban rais.

Di hari pertama, kegiatan di isi dengan diskusi pengenalan jurusan pendidikan matematika. Panitia memberikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan. Mulai dari pemrograman mata kuliah, berbagai info tentang beasiswa, dan juga tentang organisasi himaptika. Himaptika adalah organisasi intra kampus yang ada di jurusan pendidikan matematika IAIN. Himaptika merupakan suatu wadah bagi mahasiswa matematika untuk mengaktualisasikan ide-ide kreatifnya dalam membuat berbagai acara di kampus.

Di hari kedua, tepatnya pada malam hari. Panitia mengadakan acara jelajah malam. Panitia membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok akan mencari pos-pos yang telah di sediakan panitia. Ada tiga pos inti dan beberapa pos bayangan. Untuk pos inti pertama temanya yaitu tentang pemecahan masalah. Pos inti kedua berkenaan dengan mental peserta. Dan yang terakhir, pos inti ketiga yaitu tentang pengorbanan. Di pos ini, peserta harus mengorbankan barang yang paling di sukai kepada panitia. Nantinya barang-barang yang di dapatkan dari peserta akan dilelang.

Di hari ketiga, peserta harus mengikuti permainan outbond. Panitia membagi peserta menjadi sepuluh kelompok. Peserta harus melalui lima pos yang disediakan panitia. Sistem out bondnya yaitu sistem kompetisi dua kelompok. Di setiap pos ada dua tim yang bertanding. Bagi kelompok yang menang akan mendapatkan stiker. Dan bagi kelompok yang kalah akan mendapatkan coretan huruf di wajah. Jika peserta selalu kalah di setiap posnya maka di wajahnya akan membentuk coretan PMT. PMT merupakan singkatan dari Pendidikan MaTematika. Pada malam harinya ada pentas seni dengan penyalaan api unggun di tengah lapangan. Panitia dan peserta menampilkan berbagai kreasi seni yang menarik. Yakni mulai dari yel-yel peserta, drama, stand up comedy, dan juga menyanyi di iringi dengan musik.

Di hari terakhir, panitia mengajak peserta jalan-jalan menuju air terjun Coban rais. Lokasi air terjun terletak di puncak gunung panderman. Jalan yang menanjak dan berliku-liku menjadi tantangan tersendiri. Diperjalanan, kita disuguhi pemandangan alam pegunungan yang begitu mempesona. Setelah mendaki gunung sekitar satu jam. Kita sampai di lokasi air terjun Coban rais. Disana kita dapat menyaksikan pemandangan air terjun yang menyejukan mata.

Pada acara penutupan, panitia mengumumkan pemenang dari berbagai kegiatan yang telah di laksanakan. Untuk kategori pemilihan peserta ospek putra dan putri terbaik. Pemenangnya  akan ditunjuk sebagai perwakilan untuk angkatanya.  

Eki Tirtana Zamzani, Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar